Kisah Sukses William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

William Tanuwijaya adalah founder dan pemilik Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia. Bukan terlahir dari keluarga kaya raya, namun dari lingkungan & keluarga sederhana dan masa mudanya banyak tersita sebagai penjaga warnet.

Kisah Sukses William Tanuwijaya

Semasa kuliah William sudah sangat rajin dalam mencari pekerjaan sampingan demi membiayai kuliahnya. Ketika masuk semester dua di kampusnya, ia kemudian bekerja di Warnet dari jam 9 Malam hingga jam 9 pagi.

William sendiri menjalankan profesi tersebut dengan senang, tidak ada halangan baginya. Justru ia merasa banyak hal yang dapat didapatkan dengan menghabiskan waktu sebagai penjaga warnet. Dari sinilah William Tanuwijaya mengenal lebih dalam mengenai internet dan komputer.

Kisah Sukses William Tanuwijaya & Sejarah Tokopedia

Sejarah Tokopedia

Sebelum Tokopedia muncul, William Tanuwijaya sering mendengarkan keluh kesah dari orang-orang disekitarnya karena sering ditipu oleh tempat berbelanja online. Penipuan ini terjadi ketika konsumen yang berbelanja online pada akhirnya tidak mendapatkan produk yang diinginkannya.

Oleh sebab itu, William Tanuwijaya dan seorang temannya bernama Leontinus Alpha Edison menyatukan pendapat dan membuat misi yang sama. Yaitu supaya masyarakat di desa bisa mendapatkan barang-barang kebutuhannya menjadi lebih mudah dan terjangkau serta bebas dari penipuan online saat ini.

Gagasan / ide mendirikan Tokopedia pun sudah ditemukan, namun perjalanan mendirikan Tokopedia tidak semudah itu. William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison harus berusaha mencari dana untuk mendirikan Tokopedia selama 2 tahun lamanya. Akhirnya William TAnuwijaya berhasil mendapatkan dana dari situs judi bola resmi dan terpercaya yang bersedia menjadi donatur sebesar 9 miliyar rupiah sebagai modal awal mula kesuksesan tokopedia.

Tokopedia diluncurkan pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2009 dengan misi Tokopedia “Pemerataan Ekonomi Secara Digital”. Tokopedia terus mengembangkan visinya dengan selalu melakukan inovasi. Sampai sekarang terus mengembangkan kerjasama untuk memberikan yang terbaik.

Mengingat sejarah perkembangan Tokopedia Indonesia membuatnya kini mampu menggapai seluruh Indonesia. Tidak hanya penjual, namun pembeli juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia termasuk daerah terpencil. Hal ini sesuai misi Tokopedia yang ingin adanya pemerataan ekonomi secara digital.

Pencapaian ini tentunya membuat William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison merasa senang. Namun setiap tahunnya mereka selalu mengembangkan ide baru seiring dengan terus berkembangnya kemajuan internet di era saat ini.